Selasa, 05 September 2017

Profil Drumband “Gita Bhahana Pasa” SD Negeri 1 Parangargo



PROFIL

DRUMBAND “GITA BHAHANA PASA”

SD NEGERI 1 PARANGARGO


 Alamat : Jalan Raya Parangargo No. 53 RT. 09 RW. 02
Kecamatan Wagir Kabupaten Malang Kode Pos 65158
Telp. (0341) 834741 E-Mail : sdn1parangargo@gmail.com
Blog : sdn1parangargo.blogspot.com



NAMA SEKOLAH                                : SD Negeri 1 Parangargo
NAMA GRUP DRUMBAND                 : Gita Bhahana Pasa
JUMLAH ANGGOTA DRUMBAND      : 50 Peserta

A.   Sejarah Singkat Drumband :
Drumband  SD Negeri 1 Parangargo ini dibentuk pada awal bulan Desember 2011 dengan nama Gita Pargosa SD Negeri Parangargo 01 dan mulai berlatih drumband   pada awal bulan Januari 2012 dengan anggota  se-banyak  50  orang siswa yang diambil dari kelas 4,5 dan 6.
Dengan kobaran semangat yang tinggi dibawah asuhan dan bimbingan kepala sekolah, guru dan   pelatih serta dukungan orang tua, mereka berlatih   setiap hari kamis dan sabtu jam 3 sore.
Gita Pargosa perdana dalam  rangka peringatan HUT RI tahun 2012 dengan  membawakan lagu Rambe Jamko dan 17 Agustus.
Semoga drumband SD Negeri 1 Parangargo ke depanya bisa lebih baik, maju, kreatif dan inovatif sehingga dapat mengikuti setiap even-even lomba dalam kota dan kabupaten Malang, amiiiin.

B.   Pendahuluan :
Musik dalam kedudukannya adalah bagian dari seni dan salah satu dari media seni yang banyak diketahui dan bahkan diminati oleh banyak masyarakat dari berbagai kalangan. Selain itu musik juga sebagai media untuk mengungkapkan perasaan melalui bentuk bunyi, nada, ritme, dan harmoni. Musik sebagai sebuah bahasa, karena musik bisa menjadi bentuk komunikasi yang pada keberadaannya mampu menggerakkan dan membangkitkan respon-respon emosional dalam diri manusia, selanjutnya respon-respon emosional tersebut menggugah pikiran dan perasaan manusia. Musik merupakan bahasa universal dan artinya saling terkait erat antara pencipta/komponis dengan pendengar.
Pembelajaran musik sangat penting dan perlu dilakukan dan dilaksanakan, karena mempunyai pengaruh - pengaruh dan manfaat yang sangat baik untuk anak didik. Selain dapat membantu perkembangan kecerdasan anak, musik juga dapat berpengaruh terhadap perilaku anak, membantu anak terhubung dengan orang lain, membentuk ekspresi, mengajarkan disiplin, mendorong kreatifitas, membantu anak bersosialisasi, meningkatkan kemampuan otak dan daya ingat anak, menambah kepercayaan diri serta kesabaran.
Pendidikan musik terhadap anak sangat baik, positif dan bermanfaat bagi anak, tetapi pendidikan musik terhadap anak tersebut tidak selalu mendapat respon yang baik atau positif dari sebagian orang tua. Mengantisipasi anak tidak mendapatkan pendidikan musik, ada baiknya di sekolah - sekolah umum perlu adanya diadakan pembelajaran pendidikan musik dan seni. Himbauan untuk pendidik musik adalah supaya mereka dapat membawa perubahan dalam mendidik masyarakat, termasuk mendidik para orang tua agar sadar bahwa menanamkan nilai pendidikan musik adalah jauh lebih penting dari pendidikan lainnya.
Sekolah – sekolah saat ini sudah banyak yang menyelenggarakan atau memberikan pembelajaran seni musik, baik yang sifatnya intrakulikuler (proses pembelajaran pada jam sekolah) maupun ekstrakulikuler (proses pembelajaran diluar jam sekolah), baik yang sifatnya teori maupun praktek. Ada berbagai macam kegiatan ekstrakulikuler di bidang seni musik, antara lain seperti paduan suara, band, ensemble gesek, gitar maupun kegiatan ekstrakulikuler yang akan menjadi bahan penelitian peneliti, yaitu drum band.
Drum band merupakan suatu kegiatan musik yang menyajikan dua bagian, yaitu kegiatan musikal (harmoni, ritmis, melodi) dan kegiatan visual (seragam serta kekompakan gerakan). Drum band terdapat dua alat instrumen yang dimainkan, yaitu instrumen perkusi (snare drum, tenor drum/timp toms, bass drum, cymbal) dan instrumen melodi (bellyra, pianika) sebagai bentuk musikal. Drum band terdapat dua orang yang berperan sebagai pemimpin atau conductor, pemimpin atau conductor pada drum band disebut mayoret. Sedangkan dalam bentuk visual, drum band selain mengenakan kostum seragam serta kekompakan gerakan sesuai irama, biasanya drum band juga terdapat satu kelompok colour guard dengan bendera sebagai medianya.
Drum band merupakan salah satu kegiatan ekstrakulikuler di bidang musik yang banyak diminati. Kegiatan drum band tidak hanya diberikan di tingkat sekolah saja, tetapi juga di tingkat taman kanak – kanak. Bentuk nyata bahwa drum band merupakan salah satu kegiatan yang diminati yaitu dengan diadakannya berbagai perlombaan drum band dan juga drum band dilibatkan sebagai pengisi dalam suatu acara. Manfaat dari proses pembelajaran drum band bagi anak pada khususnya, yaitu antara lain sebagai pembelajaran kekompakan anak, mengasah daya ingat anak, mengajarkan anak untuk berekspresi, mengajarkan kedisiplinan dan keberanian serta kreatifitas anak, selain itu drum band juga bisa dinilai sebagai proses pembelajaran dan pengenalan teori musik dasar.
Pelatih atau pengajar dalam suatu proses pembelajaran drum band mempunyai peran yang sangat penting dan berpengaruh. Ada baiknya seseorang yang sudah mempunyai pengalaman dan pengetahuan dalam bidangnya, selain mempunyai pengalaman serta pengetahuan ada baiknya pelatih atau pengajar bisa membawa suasana serta bisa memberi contoh dan menjadi contoh serta panutan bagi anak didik.

C.   Nama Pengurus Drumband tahun 2017   
Pembina            : Drs. Imam Sodiqin, M.PdI (Kepala Sekolah)
Pelatih              : Ikhwannudin, S.Pd
Pembimbing       : Mutiyah, S.Pd

D.   Prestasi Yang Pernah Diraih    
No.
Tahun
Jenis lomba
Peringkat
1.     
2013
Lomba drumband Kota Malang
Harapan 3
2.     
2017
Wagir Drumband Competition 2017
Juara II Klasemen Non Elektrik SD dengan kriteria sebagai berikut :
1.    The Best Drum Mayor
2.    The Best Visual
3.    The Best Musik Analis
Juara 2

E.   Daftar Nama Anggota Drumband Tahun 2017



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Struktur Pengurus Komite SDN 1 Parangargo

STRUKTUR KEPENGURUSAN KOMITE TAHUN PELAJARAN 2017-2018 Struktur Kepengurusan Komite SD Negeri 1 Parangargo Kecamatan Wagir Kabupaten Ma...