Rabu, 06 September 2017

Program Kerja SDN 1 Parangargo

Program Kerja SDN 1 Parangargo tahun Pelajaran 2017-2018 dapat diunduh di sini

I.         LATAR BELAKANG/LANDASAN PROGRAM
Dari tahun ketahun peminat masyarakat untuk menyekolahkan putra/putrinya ke  SDN Parangargo 01 tetap stabil. Hal ini terbukti dengan rata – rata yang tetap dan stabil berkisar 30 s.d 40 peserta didik baru. Pendaftar baru 99 % berasal dari TK dan 1 % dari rumah tangga.
Proses pendidikan di SDN Parangargo 01 dilaksanakan dengan memperhitungkan waktu seefektif mungkin sesuai dengan hari efektif yang ada dalam kalender pendidikan. Sedangkan kegiatan-kegiatan lain dilaksanakan di luar heri efektif. Misalnya komputer, Drum band, dan pramuka.
Agar dapat memenuhi harapan masyarakat SDN Parangargo 01 dalam menyelenggara kan pendidikan dan pengajaran berusaha mencapai hasil yang optimal dengan meningkatkan kualitas sekolah.
Sekolah wajib menyusun pelaksanaan operasional pendidikan dan pengajaran dalam bentuk program kerja sekolah. Program kerja tersebut dibuat berdasarkan kondisi riil dan sesuai dengan situasi yang ada. Dengan program kerja ini diharapkan mampu memberikan gambaran secara menyeluruh terhadap langkah-langkah yang dilaksanakan secara konkrit dan kegiatannyadapat dievaluasi.

II.      TUJUAN
Tujuan SDN Parangargo 01 yaitu mewujudkan tujuan Pendidikan Nasional. Pendidikan Nasional bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembang-kan manusia Indonesia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, merniliki pengetahuan dan ketrampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri, serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.
Kebijakan sekolah yang  tertuang dalam program kerja SDN Parangargo I bertujuan :  
    1.  Meningkatkan mutu sekolah sehingga menghasilkan lulusan yang berprestasi             
         baik, bermoral serta berakhlaq mulia.
2.  Meningkatkan kegiatan administrasi sekolah sehingga menghasilkan administrasi yang tertip sesuai dengan aturan yang berlaku.
3.  Memberikan landasan dan arah yang konkrit bagi pengelola pendidikan untuk memperbaiki kinerja dan inovasi pendidikan.
4.      Sebagai pedoman bagi pelaksanaan program kerja ditahun mendatang dan evaluasi perbaikan kedepan.


BAB II
KONDISI OBYEKTIF SEKOLAH

I. IDENTITAS SEKOLAH
1. No Statistik Sekolah                    : 101051825001
    Nama Sekolah                              : SDN Parangargo 01
    Alamat                                         : Jl. Raya Parangargo No. 53 RT. 09 RW. 02
    Kelurahan                                    : Parangargo
    Kecamatan                                   : Wagir
    Kabupaten                                   : Malang
    Kode pos                                     : 65158
2. SK Ijin Pendirian Sekolah
     Nomor: 1929/ SR VI Wagir/ Sekolah Rakjat / 1-5-1948
3. Fasilitas:
    a. Status Pemilikan Tanah            : Luas tanah SDN Parangargo 01        : 1276 m2
                                                           Luas bangunan                                   : 414 m2
                                                           Luas halaman                         : 300 m2
    b. Lokal (Ruang):
         1) Ruang Kepala Sekolah                   : 1 ruang luas 24 m2
         2) Ruang Kantor                                 : 1 ruang luas 49 m2
         3) Ruang Perpustakaan                       : 1 ruang luas 56 m2
         4) Ruang UKS                                    : 1 ruang luas 6 m2
         5) Mushola                                           : 1 ruang luas 12 m2
         6) Ruang kelas                                    : 8 ruang luas 450 m2
          7) Ruang Komputer                           : 1 ruang luas 49 m2
          8) Rumah Dinas Kepala Sekolah        : 1 ruang luas 45 m2
          9) Rumah Dinas guru                         : 1 ruang luas 45 m2   
         10) Kamar kecil                                 
              Guru                                               : 1 ruang
              Murid                                             : 4 ruang

4. Ketenagaan:
    a. Kepala Sekolah                        : 1 orang
    b. Guru kelas                                : 9 orang
    c. Guru Bahasa Inggris                : 1 orang
    d. Guru Olah Raga                      :   -  orang
    e. Guru Agama Islam                   : 1 orang
    f. Tata Usaha                               : 1 orang
   d. Penjaga                                     : 1 orang
5. Kesiswaan:
Jumlah siswa pada tahun pelajaran 2017/2018
  a. Kelas 1                : 45 orang
  b. Kelas 2                                        : 43 orang
  c. Kelas 3                                        : 43 orang
  d. Kelas 4                                        : 39 orang
  e. Kelas 5                                        : 49 orang
  f. Kelas 6                                        : 37 orang
   Jumlah                                           : 256 orang

II. R1WAYAT SEKOLAH
Pada tahun 1929 berdirilah sebuah sekolah yang pada saat itu disebut Sekolah Rakyat (SR). Sekolah itu pertamanya terdiri dari satu lokal yang dibangun di atas tanah ang pada waktu itu diberi oleh pemerintah desa (hak pakai) kepada masyarakat setempat. Data awal buku induk tertulis 1 Mei 1948. Sekolah itu lambat laun berkembang menjadi besar. Dengan berkembangnya jumlah murid maka penambahan jumlah lokalpun dilakukan. Yang dulunya satu lokal berkembang menjadi 6 (enam) lokal. Bahkan karena jumlah lokal tidak mencukupi SDN Parangargo I akhirnya dipecah menjadi dua yaitu SDN Parangargo II dan SDN Parangargo III. Dengan   kekurangan tenaga pendidikan maka SDN. Parangargo III di merjer menjadi satu dengan SDN. Parangargo I.  
Adapun Kepala Sekolah yang pernah menjabat di SDN Parangargo I adalah:
 1.  HARJO
 2.   RANU
 3.   HADI SOENARYO
 4.   PUDJI BARNOWO
 5.   Drs. WINARDI
 6.   SUWADJI, S.Pd.
 7.   SUGIMO. S.Pd.
 8.   PAIMAN UMAR HAMSAH
 9.  J. SUWARDIANTO, S.Pd
10. Drs. R. MUJI PRIYANTO
11. Drs. IMAM SODIQIN, M.PdI

III. KEGIATAN EKSTRA KURIKULER: 
  1. Drumband
  2. Komputer
  3. Pramuka 
  4. Karawitan
  5. Seni Tari                       
                          
IV. PRESTASI SISWA TAHUN PELAJARAN 2004 - 2005
a. Lomba Siswa Berprestasi                      : Juara I untuk putri Tk. Kecamatan  
b. Lomba Mata Pelajaran                          : Juara I bidang study Matematika
c. Lomba Pantomim mewakili Gugus       : Juara III Tk. Kabupaten

 PRESTASI SISWA TAHUN PELAJARAN 2013-2015
 Lomba Mata Pelajaran     : Juara II          : Juara Siswa Prestasi Tk. Kec. Pi
 Juara Hrp III                    : Juara Siswa Prestasi Tk. Kec. pa
                                         
       
PRESTASI SISWA TAHUN PELAJARAN 2008 - 2015
a. Lomba Olah Raga         : Peringkat 18 dari 31 Kab./Kota seprov. Jatim (pi)
                                            Peringkat 31 dari 34 Kab./Kota seprov. Jatim (pa)
b. Lomba MIPA                : Peringkat I kec. Wagir (Nama : Soufi Laksana)
                                            Peringkat II kec. Wagir (Nama : Agung Dwi K.)
c. Lomba Pantomim          : Peringkat I kec. Wagir (Nama : Widi Riyantoni dan
                                            Yusuf Efendi)
PRESTASI SISWA TAHUN PELAJARAN 2066 - 2017
a.       Lomba Drumband        : Peringkat II kec. Wagir

V. PRESTASI KADEMIK HASIL UAN 2007 - 2016
No.
Tahun
Peringkat Kecamatan
Peringkat Kabupaten
Peringkat provinsi
Keterangan
1.       
2007/2008
11


Jumlah SD 35 sekecamatan
2.       
2008/2009
10


3.       
2009/2010
1


4.       
2010/2011
10


5.       
2011/2012
15


6.       
2012/2013
18


7.       
2013/2014



8.       
2014/2015



9.       
2015/2016




10.   
2016/2017
110




   PERMASALAHAN    
DAN CARA MENGATASINYA

Program sekolah mengacu pada kondisi obyektif dan rencana kerja tahunan.
Sehubungan dengan pelaksanaan UAS yang mana semua mata pelajaran harus diujikan kepada anak-anak maka kami mengambil kebijakan bahwa semua mata pelajaran harus diajarkan kepada anak secara merata, dalam arti tidak ada mata pelajaran yang dianak tirikan. Hal ini dapat diketahui dalam program-program kami. Selain itu dapat diketahui juga permasalahan-permasalahan yang ada serta usaha-usaha untuk mengatasinya. Hal tersebut kami cantumkan sbb:
No.
Pokok Masalah
Perrnasalahan
Alternatif  Pemecahan Masalah

Faktor Pendukung
Faktor Penghambat
Ket.
1.

Ketenagaan Guru

1. Kurangnya tenaga PNS
2. Kurang kreatif dan
   Disiplin masuk


1.      Pengangkatan GTT
2.      Pembinaan umum dan individu
3.      Studi banding
2. Disediakan buku-buku

Dukungan dari Komite dan paguyuban. Lokasi dekat pusat kota kecamatan

Anggaran terbatas untuk honor pegawai.




2.
Sarana/Prasarana Ruangan
Kurangnya ruangan untuk kelas
Membangun ruang kelas

Dana dari pemerintah- DAK

Lahan terbatas

3.

Pembelajaran Prestasi hasil belajar

Prestasi siswa tidak Optimal

Pemberian motivasi belajar Tambahan pelajaran Mengadakan belajar kelompok

Kesediaan murid Kesediaan guru
Orang tua murid

Waktu terbatas
Dana terbatas








Metode mengajar

Metode pengajaran kurang tepat

Memperbaharui metode.
Guru ikut KKG
Penataran membuat alat peraga.

Guru mau mencoba Sekolah memberi kesempatan.

Materi luas banyak. Sarana kurang memadai.
Waktu terbatas
.



Alat peraga

Alat peraga memadai.

Belajar melalui petunjuk teknis

Ada kemauan dan kemampuan.

. Waktu terbatas.





Siswa

Semangat belajar kurang.

Bentuk kelompok belajar Tambahan pelajaran
Latihan soal-soal.

Ada kesediaan guru
Ada kemauan siswa.

Waktu terbatas.
Target Kurikulum



4.

Peran serta













Masyarakat Siswa

Menghadapi masa remaja

Pembinaan pribadi
Kegiatan rohani

Peran orang tua
Peran guru kelas

Terlalu banyak siswa Pendekatan pribadi terbatas.





Perhatian

Siswa kurang mendapat perhatian dari orang tua.

Pertemuan orang tua murid Kunjungan keluarga Pendekatan pribadi
Perhatian pada anak yang membutuhkan.

Kesediaan orang tua untuk hadir.
Kepedulian pihak sekolah. Keterbukaan siswa.

Orangtua sibuk
Waktu sekolah terbatas.



5.

Pemberdayaan siswa Nilai siswa tidak optimal

Semangat belajar siswa menurun

Menciptakan lingkungan yang kondusif.
Menjaga ketenangan
Diberi tambahan pelajaran Banyak latihan-latihan






















Tempat sekolah strategis Dibentuk kelompok belajar siswa
Lingkungan fisik

Fasilitas kurang Motivasi belajar kurang









Kurang perhatian orang tua





Fasilitas belajar kurang memadahi
Fasilitas belajar memadai
Diberi motivasi
Pertemuan dengan orang tua
Menginformasikan harapan anak kepada orang tua
Memberi perhatian pada siswa
Memberi kesempatan belajar yang cukup
Memberi fasilitas belajar yang dibutuhkan
Membentuk kelompok belajar
Sekolah baik


Jarak dengan sekolah dekat





Kesehatan siswa



Orang tua kurang mampu
Orang tua sibuk
Orang tua kurang peduli dengan kebutuhan anak-anaknya
Ekonomi pas-pasan
Tidak memiliki ruang belajar



BAB IV
PROGRAM KERJA TAHUN 2017/2018


NO

URAIAN

WAKTU

DANA

1
































































































































2


































































































































































































3.


























































































































































UMUM
1. Mengadakan Rapat
1.1.Mengadakan rapat permulaan Tahun Pelajaran Baru.
1.1.1.1  Mengadakan evaluasi program kerja tahun 2016/2017.
Segala kekurangan perlu dikaji dan mencari solusi yang tepat, sedang keberhasilan perlu ditingkatkan pada tahun 2017/2018.
1.1.1        Menyusun rencana kerja Kepala Sekolah Tahun 2017/2018.
1.1.2        Rapat dewan guru/membagi tugas mengajar.
1.1.3        Membagi tugas guru pada bidang keuangan.
1.1.4        Membagi tugas guru pada bidang administrasi.

1.2  Rapat bersama komite sekolah

1.3 Membuat RAPBS Tahun Pelajaran 2017/2018.

1.4  Penerimaan murid baru

1.5  Mengadakan rapat rutin dewan guru dan penjaga yang
       berisi:
1.5.1  Pembinaan aparatur
1.5.2  Penyampaian informasi Dinas.
1.5.3  Peningkatan profesional guru.
1.5.4  Merumuskan kebijakan.
1.5.5  Memecahkan permasalahan yang muncul.
1.6    Rapat Kepala Sekolah diadakan rutin satu bulan sekali       
yang berisi:
1.6.1 Pembinaan aparatur
1.6.2 Penyampaian Dinas
1.6.3 Meningkatkan profesional Kepala Sekolah
1.6.4 Merumuskan kebijakan Kepala Sekolah
1.6.5 Memecahkan permasalahan yang muncul di sekolah-
         sekolah.
1.7    Perencanaan program KBM

2.      Peringatan Hari Besar Nasional (PHBN)
Tahun Pelajaran 2017/2018 dicanangkan tahun prestasi, maka semua kegiatan harus diupayakan menghasilkan prestasi yang maksimal (diharapkan memperoleh juara).
2.1    HUT Kemerdekaan (17 Agustus Th 2017) mengikuti kegiatan yang dikeluarkan oleh panitia tingkat kecamatan.
2.1.1        Panitia tingkat sekolah:
Ketua          : Drs. Imam Sodiqin, M.PdI
Sekretaris    : Yayuk Isnaeni Puspaningsih, S.Pd.
Bendahara   : Ninis Indarwati, A.Ma.Pd.
Anggota      : Semua guru
2.1.2        Mempersiapkan siswa sebaik-baiknya untuk mengha-
            silkan juara.
2.1.3        Membagi tugas guru dalam mempersiapkan/melatih
Siswa peserta lomba.

2.2    Hari Kartini (21 April 2017)
2.2.1    Panitia          :
            Ketua           :  Yulianita RD, S.Pd
            Sekretaris     :  Yayuk Isnaeni. Puspaningsih.
            Bendahara    :  St. Umi Hanik, S. Ag.
            Anggota       :  Semua guru.
2.2.2        Mengadakan upacara di sekolah
2.2.3        Mengadakan Bazar anak-anak dihadiri orang tua murid.
2.2.4        Mengadakan lomba busana Kartini kecil, dengan kriteria yang ditentukan oleh panitia.
2.3            Hari Pendidikan Nasional
2.3.1        Panitia Hardiknas:
Ketua            : Ninis Indarwati, A.Ma Pd
Sekretaris      : Yulianita R. D
Bendahara     : Mutiyah, S.Pd.
Anggota         : Semua guru
2.3.2        Mengikuti upacara Hardiknas tingkat Kecamatan.
2.3.3        Lomba guru teladan: dipersiapkan.

3.      Peringatan Hari Besar Islam (PHBI)
Panitia:
Ketua                   : ST. Umi Hanik, S.Ag.
Sekretaris             : Ninis Indarwati, A.Ma Pd
Bendahara            : Yayuk Isnaeni. P, S.Pd.
Anggota               : Semua guru

Jenis kegiatan meliputi:
3.1 Tahun Baru Islam (1 Muharam)
      Mengikuti agenda Kecamatan
3.2 Maulid Nabi Muhammad SAW
  1. Siswa membawa kue/nasi
  2. Mendatangkan penceramah lokal
3.3 Hari Raya Idul Fitri
  1. Halal bihalal siswa dan guru di sekolah (anak-anak
mohon maaf kepada guru)
  1. Kunjungan guru ke pengurus komite dan Pamong Desa, Tokoh masyarakat sekitar lingkungan sekolah.
3.4    Hari Raya Qurban
a.       Melatih siswa dalam Qurban membeli 1 ekor kambing dipotong di sekolah dan dibagikan pada yang berhak menerima.
4.      Persiapan Lomba Siswa
5.      Pengisian Buku-buku Administrasi siswa (Buku induk,
Buku Klaper, Buku Mutasi)
6.      Pengisian Buku Personalia
7.      Membuat Laporan
8.      Mengadakan Ulangan Harian
9.      Mengadakan Ulangan Semester
10.  Mengadakan Ujian Akhir Sekolah
11.  Penerimaan Rapor
12.  Pengisian Data di papan
13.  Mengadakan rapat bersama Wali murid dan Komite
14.  Liburan Sekolah
14.1 Liburan sekolah diisi kegiatan
14.1.1 Kegiatan tengah semester I   : Pertandingan Olah Raga  satu gugus
14.1.2 Kegiatan tengah semester II  :
14.1.3 Liburan semester I                 :
14.1.4 Liburan semester II               : Rekreasi / Pentas Seni, guru menyelesaikan administrasi.
14.2    Liburan bulan puasa diisi kegiatan:
14.2.1    Pondok Romadlon.
a. Panitia:
    Ketua              :  ST. Umi Hanik, S. Ag
    Sekretaris        :  Indah Rahayu.
    Bendahara       :  Ninis Indarwati, S.Pd
    Anggota          :  Semua guru
b. Peserta kelas  IV, V, VI
c. Merencanakan : Tipe C
14.2.2    Buka bersama : guru, Komite,  dan anak-anak.
KESISWAAN

1. Penerimaan Siswa Baru
1.1  Membuka panitia PMB
Ketua                 :  Drs. R. Muji Priyanto
Sekretaris           :  Yayuk Isnaeni, S.Pd.
Bendahara           : St. Umi Hanik, S.Ag.
Anggota              : Yulianita R.D, A.Ma.Pd
                            Ika Nur Rohmawati, S.Pd
1.2  Menyiapkan blanko S1, S2, S3.
1.3  Pelaksanaan bulan Juni 2017
1.4  Ketentuan diatur sesuai peraturan yang berlaku dari Dinas.
1.5  Pengumuman bulan Juli 2017

2. Menetapkan Target Sekolah.
2.1  Target penerimaan siswa baru 40 anak.
2.2  Target drop out 0 %
2.3    Target absensi 1% (satu tahun)
2.4    Target tidak naik sekolah 2%

3. Mengadakan Persiapan Lomba
3.1 Siswa berprestasi mulai guru kelas III, IV sudah menentukan seorang calon siswa berprestasi dan melakukan pembinaan.
  1. Pembinaan intelektual meliputi pelajaran PPKN, IPS, IPA, Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.
  2. Pembinaan sikap-sikap sebagai:
Ketua kelas, Petugas upacara, PKS, Petugas Perpustakaan, dll.
  1. Aspek ketrampilan: Kepramukaan, Tari, Musik, Qiro’ah
dll.
3.2 Lomba Mata Pelajaran dipersiapkan:
      a. IPS/PPKN          :  Yayuk Isnaeni P. S.Pd
      b. Matematika       :  Yulianita R.D., S.Pd
      c. B.Indonesia       :  Ninis Indarwati
      d. IPA                   :  Yayuk Isnaeni P., S.Pd
      e. Kesenian           :  Aulia Febriana, S.Pd
      Sejak kelas III anak tersebut sudah dibina dan di kelas V
      Diikutsertakan lomba.
3.3 Menyiapkan siswa untuk mengikuti lomba hari anak
      nasional.

4. UN / US
4.1 Pendaftaran peserta.
4.1.1 Mengoreksi nama, tempat tanggal lahir anak, nama orang
         tua sesuai kelahiran/surat tanggal lahir.
4.1.2 Menulis data tersebut pada blanko S.15
4.2  Bimbingan belajar
4.2.1 Mengadakan rapat orang tua siswa kelas VI, koordinasi
         pelaksanaan tambahan belajar (pagi jam 06.00, siang
         pulang jam 14.00, atau sore hari jam 15.00).
4.2.2 Pelaksanaan les dimulai pertengahan semester I.
4.2.3 Satu minggu menjelang UAS disusun jadwal khusus                                                                                            mulai pagi, sore dan malam hari dengan memintakan ijin
       kepada orang tua.
4.3  Pembentukan Panitia, Pengawas Korektor.
4.3.1 Susunan Panitia UN & US
         Tahun pelajaran 2017/2018
         a. Ketua              : Drs. R. Muji Priyanto
         b. Sekretaris       : Yayuk Isnaeni. P
         c. Bendahara      : St. Umi Hanik
         d. Anggota          : Yulianita RD, A.Ma Pd
                                      Ninis Indarwati                    
4.3.2 Pengawas:
a.       Ninis Indarwati
b.      Selvy Krisnasari
c.       Catur Kristina
d.      Yulianita R.D.
4.3.3 Korektor:
a.       Yayuk Isnaeni.P
b.      Siti Umi Hanik
4.4 Menyiapkan Administrasi.
4.4.1 Administrasi Peserta
a.       Pas Foto ukuran 3 x 4
b.      Tanda Peserta
c.       Buku daftar hadir
d.      Buku nilai
4.4.2 Administrasi pelaksanaan.
a.       Tata tertib peserta
b.      Nomor bangku
c.       Berita acara
d.      Daftar nilai
e.       Nomor ruang
f.       Denah ruangan
g.      Denah sekolah
h.      Tulisan “Harap Tenang Ada Ujian”
i.        Map berisi Denah, Daftar Hadir, Pencil, Gunting kecil, bollpoin dll.
4.4.3 Administrasi Pengawas
a.       Jadwal pengawas
b.      Daftar hadir pengawas
c.       Tata tertib pengawas
4.4.4 Administrasi Pasca
a.       Sampul STTB
b.      Blanko nilai US
c.       Blanko nilai keberhasilan
d.      Buku Penerimaan STTB

4.5.1 Pengawas setengah silang
4.5.2 Korektor silang per Desa.
4.6 Pelaksanaan.
4.6.1 UAS Praktek:
         a.   Praktek Agama             : ST. Umi Hanik
         b.   Praktek B.Indonesia     : Yulianita R.D.
         c.   Praktek IPA                   : Yayuk Isnaeni
         d.   Praktek Olahraga        : Agus Widiyanto
         e.   Praktek Kertakes         : Ninis Indarwati
4.6.2 US Tulis.
a.       Dijadikan dua ruang dengan pengawas silang penuh
b.      Membentuk piket keberhasilan dari kelas V
c.       Daftar pelajaran: Agama, PPKN, Bhs. Indonesia, IPS,
Ipa, Matematika, Bhs. Daerah, Bhs. Inggris.
4.7 Target Nilai US Th. 2017/2018
4.7.1 Rata-rata nilai UAS ditargetkan: 24,00 (Rata2 : 8,00)
4.7.2 Melanjutkan sekolah 100%

5. Kegiatan Ketertiban, kebersihan, keindahan.
5.1 Ketertiban
5.1.1 Melaksanakan tata tertib siswa secara konsekwen.
5.2 Kebersihan.
5.2.1 Setiap siswa dibentuk kelompok-kelompok kebersihan.
5.2.2 Setiap siswa berkewajiban menjaga kebersihan kelas serta halaman sekolah.
5.2.3 Dibiasakan membuang sampah pada tempat yang telah disediakan.
5.2.4 Kebersihan Kantor, perpustakaan, UKS dibebankan kepada petugas kelas VI.
5.3 Keindahan.
5.3.1 Keindahan kelas.
a.       Guru kelas bersama siswanya berkewajiban menata kelasnya.
b.      Keindahan kelas meliputi: menata data, gambar, mebelair, serta penambahan pot-pot bunga di muka kelas.

5.3.2 Keindahan halaman.
a.       Pengaturan taman sekolah hendaknya tidak mengurangi kebebasan siswa bermain.
b.      Perawatan taman sekolah ditanggung semua guru dan
siswa.
5.3.3 Menyiapkan/membina Dokter kecil.

6. Administrasi kesiswaan.
6.1 Buku Induk Siswa (Form. S.4)
6.1.1 Dikerjakan oleh guru.
6.1.2 Dikontrol oleh Kepala Sekolah 2 kali setahun

6.2 Buku Klaper (Form. S.5)
6.2.1 Dikerjakan setiap ada murid baru dan jika terjadi mutasi, oleh guru kelas.
6.2.2 Dikontrol oleh Kepala Sekolah 2 kali setahun.
6.3 Jumlah siswa menurut kelas asal dan jenis kelamin (S.6)
6.4 Jumlah siswa menurut kelas dan jenis kelamin, dan usia      
      (S.7)
6.5 Buku absensi harian siswa, rekapitulasi harian, rekapitulasi bulanan, rekapitulasi tahunan (S.8 s/d S.11)
6.6 Surat permohonan dan surat pindah (S.12 dan S.13)
6.7 Mutasi siswa selama satu semester (S.14)
6.8 Pendaftaran masuk SLTP/MTs. (Form. S.18)
6.9 Daftar kenaikan kelas, Rekapitulasi siswa naik dan keberhasilan (Form. S.19 dan S. 20)

7. Pembinaan Ekstra Kurikuler.
7.1 Jenis kegiatan ekstra kurikuler.
7.1.1 Pramuka
7.1.2 Olahraga
7.1.3 Senibaca Al Qur’an
7.2 Pelatih dan pendamping
7.3 Kewajiban pendamping
7.3.1 Mendata peserta
7.3.2 Mengisi daftar hadir
7.3.3 Mengisi berita acara latihan
7.3.4 Meminta nilai, untuk diserahkan kepada guru kelasnya masing-masing.
7.4 Jadwal pelaksanaan
Latihan Pramuka dilaksanakan hari Sabtu jam13.00-15.00
8. Karyawisata
8.1 Karyawisata kelas VI.
      Diprogramkan mengadakan karyawisata ke ………………
      pada liburan panjang.
8.2 Karyawisata khusus.
       Sebagai sarana kekeluargaan dan kebersamaan, perlu di
       adakan karyawisata khusus Guru dan Komite Sekolah.








PROGRAM PENGAJARAN
1. Menyusun Jadwal Pelajaran
1.1  Menentukan komposisi guru kelas.
NO
KELAS
GURU
KETERANGAN
1.       
IA
Ika Nurohmawati, S.Pd

2.       
IB
Mutiyah

3.       
II
Ninis Indarwati

4.       
III
Roni Dwi Prayogo, S.Pd

5.       
IVA
Selvy Kresnasari

6.       
IVB
Yulianita RD, A.Ma Pd

7.       
V
Yayuk Isnaeni P., S.Pd

8.       
VI
Catur Kristina, S.Pd


1.2  Menentukan Guru mata pelajaran

NO
NAMA GURU
MAT PEL
KET.
1
St. Umi Hanik, S.Ag
Agama Islam

2
Aulia Febriana
Bhs. Inggris

3
Agus Widiyanto, A.Ma. Pd
Penjaskes

4
Roni Dwi P, S.Pd
Penjaskes

5
Nanik Andayani, S.Pd
Penjaskes

1.3  Menentukan pembina Kegiatan Ekstra Kurikuler.
1.3.1 Koordinator Pramuka      :  Roni D. P. & Ika Nur R.
1.3.2 Koordinator Kesenian     :  Yayuk Isnaeni

1.4  Menentukan tugas tambahan guru:
1.4.1 Kurikulum SD                      :   Selvy Krisnasari, S.Pd.
1.4.2 Administrasi Sekolah           :   Yulianita RD., A.Ma Pd
1.4.3 Sarana dan Prasarana           :   Jumain
1.4.4 Ketenagaan                          :   Selvy Krisnasari, S.Pd.
1.4.5 Pembi. Koperasi Sekolah     :   St. Umi Hanik, S. Ag.
1.4.6 Kesiswaan                           :   Yayuk Isnaeni P, A.Ma.Pd.
1.4.7 Humas                                 :   Roni Dwi Paryogo, S.Pd
1.4.8 Lingkungan sekolah           :   Tohir

1.5  Sebagai pedoman menyusun jadwal sbb:
1.5.1        Masuk mulai pukul 07.00
1.5.2        Jumlah jam dalam 1 minggu
    1. Kelas I    = 30 jam pel. a. 35 menit         
    2. Kelas II   = 31 jam pel. a. 35 menit
    3. Kelas III  = 32 jam pel. a. 35 menit
    4. Kelas IV  = 36 jam pel. a. 35 menit
    5. Kelas V   = 36 jam Pel. a. 35 menit
    6. Kelas VI  = 36 jam pel. a. 35 menit
1.6  Berdasarkan pembagian tugas mengajar tersebut, maka
Masing-masing kelas menyusun jadwal pelajaran.

2. Mengadakan Supervisi
2.1 Supervisi Administrasi Kelas.
2.1.1   Data kelas
2.1.2   Bank data
2.1.3   Silabus
2.1.4   Program pengajaran
2.1.5   Buku persiapan mengajar
2.1.6   Buku analisis
2.1.7   Buku BP
2.1.8   Buku penerimaan rapor
2.1.9   Buku tamu kelas
2.1.10 Bank soal
2.1.11 Papan presensi kelas
2.1.12 Buku/kartu pribadi
2.1.13 Buku notulen
2.1.14 Buku keuangan kelas
2.1 15 Map dokumen kelas.

2.2 Supervisi kegiatan belajar mengajar
2.2.1        Apersepsi
2.2.2        Metode mengajar
2.2.3        Penggunaan alat peraga
2.2.4        Aktivitas murid
2.2.5        Pencapaian target
2.2.6        Buku murid
2.2.7        Buku pegangan guru
2.2.8        Post test.

2.3          Supervisi lingkungan
2.3.1        Kebersihan kelas.
2.3.2        Kerapian kelas.
2.3.3        Keamanan kelas.
2.3.4        Keindahan kelas.
2.3.5        Kelestarian lingkungan kelas.
2.3.6        Kelengkapan perabot kelas.

3. Menyusun Program Pengajaran.
3.1    Analisis hari efektif.
3.2    Menetapkan alokasi waktu.
3.3    Menyusun program semester.
3.4    Mengadakan analisis materi pelajaran.
3.5    Membuat persiapan mengajar.

4. Menyajikan Program Pengajaran.
4.1  Setiap menyajikan pelajaran harus ditulis pada jurnal kelas.
4.2    Setiap menyajikan pelajaran, diharapkan selalu berusaha     menggunakan alat peraga, untuk mengutamakan    ketrampilam proses.
4.3    Setiap menyajikan pengajaran, diharapkan tidak monoton (selalu metode ceramah), tetapi bervariasi, demonstrasi, diskusi, tanya jawab, karyawisata, dll.
4.4    Setiap menyajikan pelajaran usahakan anak siap menerima dengan konsentrasi, dalam hal ini daya tarik guru mutlak diperlukan sehingga proses belajar mengajar jadi menarik dan anak termotivasi untuk selalu ingin tahu.
4.5    Setiap hari setelah anak selesai berdo’a guru hendaknya     
Selalu memberikan pembinaan aklaq, sopan santun dan tata tertib sekolah.
4.6    Apabila tidak sangat penting, guru diharapkan tidak meninggalkan kelas selama proses belajar mengajar.
4.7    Target kurikulum 100%.

5. Evaluasi.
5.1    Setiap mata pelajaran harus diadakan evaluasi:
Format minimum 4 x, berikan penilaian pekerjaan rumah, dan perbuatan.
Penilaian Sumatif ketentuan sbb:
5.1.1        Bentuk soal pilihan ganda, isian dan uraian.
5.1.2        Setiap membuat soal, dibiasakan menyusun kisi-kisi.
5.2    Soal diketik rapi, diberi lembar jawaban, digandakan.
5.3    Hasil evaluasi dikoreksi ditanda tangani guru, diketahui orang tua siswa, dikembalikan ke sekolah, disimpan di map masing-masing anak.

6. Analisis hasil Evaluasi.
6.1 Tingkat kesukaran     : 0,24               : sukar
                                           0,25 – 0,75    : sedang
                                           0,76                 : mudah
6.2 Perbandingan mudah : sedang : sukar 1: 2 : 1
      Daya pembeda              : 0,40               : digunakan
                                                0,20 – 0,39     : direvisi
                                                0,19                 : diganti
6.3 Analisis hasil evaluasi: untuk mengetahui daya serap, untuk  proses perbaikan/pengayaan.

7. Program Perbaikan dan Pengayaan.

    Untuk meningkatkan kualitas, perlu ditetapkan standar daya  serap sekolah sbb:

7.1   Siswa tuntas bila daya serapnya 70%.
7.2      Kelas tuntas bila daya serapnya 70%.
7.3      Anak yang memperoleh nilai 6,9 diadakan program perbaikan.
7.3.1        Mengulangi penjelasan tersebut sampai anak mempero-
leh nilai 7,0 keatas.
7.3.2        Apabila tetap belum mampu, perlu memanggil orang 
tuanya.
7.4      Anak yang memperoleh nilai 7,0 keatas diadakan program
pengayaan, dengan cara yang ditentukan guru.

8. Program Bimbingan dan Penyuluhan.
    Bimbingan dan penyuluhan dilakukan oleh guru kelas guru
    Lain yang ditunjuk, dengan pedoman pelaksanaan:
8.1 Preventif: mencegah jangan sampai timbul kesulitan-kesulit
      an yang menimpa diri anak dengan cara:
8.1 .1   Mengadakan penjelasan atau ceramah-ceramah.
8.1.2        Mengadakan kelompok belajar.
8.1.3        Mengadakan hubungan harmonis antara anak dengan orang tua dengan sekolah.
8.2  Korektif            : memecahkan atau mengatasi kesulitan
                                   yang dihadapi oleh individu.
8.3  Preventif           : memelihara atau mempertahankan yang telah baik.
KEPEGAWAIAN
1. Administrasi Personalisa.
1.1      Secara umum administrasi personalia terdapat pada kepeg.1 s/d kepeg. 19 perlu dikerjakan secara rutin.


18-6-2017

1-7-2017








5-7-2017

10-7-2017

1/5-7-2017


BOS/
KOMITE
         
1.2    Rencana kenaikan pangkat pegawai

No

Nama/NIP

L/P
Pangkat
Gol.Ruang

TMT
Pengusulan

Ket.
Periode
Jml Smt











    1.3    Rencana kenaikan gaji berkala.

No

Nama/NIP

L/P

Pangkat
Kenaikan gaji berkala

Ket.
Lama
Tgl/No.SK/TMT
Kenaikan
berikutnya










1.4          Rencana promosi kepala sekolah.
Sesuai dengan kebutuhan kecamatan dengan harapan rangking.

No

Nama/NIP

L/P

Pangkat/Gol.

TMT

Pengusulan

Keterangan   













NO
URAIAN
WAKTU
DANA

2. Menentukan Kebijakan Personalia
    Agar semua personalia dapat mengetahui, memahami
    serta mampu melaksanakan permasahan sekolah, maka
    sangat perlu menetapkan kebijakan sebagai berikut:
2.1 Bidang administrasi sekolah
      Semua personalia secara bergilir perlu mendapat tugas
      pda bidang administrasi agar dapat dikerjakan setiap
      hari.
Tiap hari
Swadaya sekolah




No

Administrasi
Nama Petugas
Keterangan
1
Absensi Pegawai dan Murid
Juma’in

2
Mutasi Murid
Catur Kristina

3
Perpustakaan
Aulia Febriana

4
Laporan Bulan
Roni Dwi Prayogo

5
Pengadaan Buku Induk
Yulianita RD



NO

URAIAN

WAKTU

DANA


2.2      Bidang Keuangan.
Semua personalia perlu mendapat tugas bidang keuangan sekaligus dengan pembukuannya (lihat petugas keuangan).

2.3      Bidang kekeluargaan.
Untuk membina kekeluargaan perlu dikembangkan
berbagai hal:
2.3.1        Mempertebal keimanan dan ketaqwaan terhadap
Tuhan YME.
2.3.2        Menjaga etika pergaulan dengan baik terhadap terha-
dap sesama teman atau masyarakat sekitar.
2.3.3        Mengembangkan sikap tenggang rasa terhadap
sesama manusia.
2.3.4        Kebijakan harus transparan, sehingga memunculkan
Rasa adil dan percaya tidak saling mencurigai.
2.3.5        Mengutamakan musyawarah untuk mufakat, setiap menyelesaikan masalah.
2.3.6        Mengurangi rasa egoisme terhadap diri sendiri
(masing-masing individu)
2.3.7        Tidak membicarakan kejelekan, atau kekurangan
orang lain.
2.3.8    Harus siap diperingatkan oleh dan dari siapapun
             demi kemajuan dirinya.
2.3.8        Siap melaksanakan tugas secara ikhlas tanpa tekanan.
2.3.10  Memupuk kesadaran guru.
2.3.11    Refresing/penyegaran karya wisata, olahraga,
rekreasi.
2.3.12    Pemberian penghargaan bagi guru yang berprestasi.
2.3.13    Bantuan akomodasi KS/guru.

2.4   Keamanan.
        Rasa aman baik secara fisik/lahiriah dan keamanan
        psikis terhadap guru dan murid perlu ditumbuh
        kembangkan.
2.4.1        Keamanan fisik/lahiriah.
    1. Keamanan terhadap gangguan dari luar secara khusus menjadi tanggung jawab penjaga sekolah.
                  b.   Keamanan secara umum menjadi tanggung
                        jawab guru dengan bekerja sama dengan
                        masyarakat sekitarnya.
                  c.   Keamanan kedalam terhadap barang-barang
                        milik sekolah, menjadi tanggung jawab semu        a guru serta petugas yang telah ditetapkan.
                  d.  Untuk menjaga keamanan dan ketertiban di
                       sekolah perlu ditetapkan sebagai berikut:          

Tiap bulan




Tiap bulan




























Tiap bulan

Swadaya sekolah



Swadaya sekolah





























BOS







No
Hari/ Tanggal
Petugas Piket
Keterangan
1
Senin
………………
1.      ST Umi Hanik
2.      Yayuk Isnaeni
3.      Juma’in
Tugas piket:

1. Datang lebih pagi pulang paling akhir.

2. Mengawasi anak yang bertugas kebersihan.

3. Mengefisienkan PBM.

4. Mengawasi anak pada saat istirahat.

5. Bertanggung jawab kelancaran sekolah.
2
Selasa
………………
1.      Ninis Indarwati
2.      Selvy Kresnasari
3.       
3
Rabu
………………
1.      Yulianita R.D
2.      Catur Kristina
3.      Roni Dwi P.
4
Kamis
………………
1.      B. Wariati
2.      Mutiyah
3.       
5
Jum’at
………………
1.      R. Muji Priyanto
2.      Ika Nurohmawti
6
Sabtu
………………
1.      Juma’in
2.      Aulia Febriana

(Jadwal piket terlampir)

NO

URAIAN

WAKTU

DANA





































































5
2.4.2        Keamanan psikis.
a.       Pada saat bertugas semua personalia mendapat perlakuan dan perlindungan yang sama dari Kepala Sekolah.
b.      Semua siswa mendapat perlakuan dan perlindungan yang sama dari Kepala Sekolah.

3. Pengembangan Personalia.
3.1      Diikutkan penataran-penataran tingkat Nasional/Lokal.
3.2      Aktif mengukuti kegiatan KKG/KKKS.
3.3      Pembinaan pada saat rapat.
3.4      Supervisi kelas oleh Kepala Sekolah setiap semester sekali.
3.5      Supervisi kelas oleh Pengawas TK/SD.
3.6      Didorong untuk menempuh pendidikan yang lebih tinggi.
3.7      Guru berprestasi.



4. Penilaian Personalia.
4.1      Penilaian harian: dilakukan Kepala Sekolah dengan buku
Catatan DP 3.
4.2      Penilaian tahunan:
4.2.1        Dinilai pada tanggal 2 Januari Tahun 2015
4.2.2        Unsur Penilaian:
a.       Kesetiaan
b.      Prestasi kerja
c.       Tanggung jawab
d.      Ketaatan
e.       Kejujuran
f.       Kerja sama
g.      Prakarsa

5. Pemutusan Hubungan Kerja.
5.1      Pegawai negeri: Berdasarkan Peraturan Pemerintah
No.20 Tahun 1975 Jo PP NO.19 Tahun 1991.
5.2      Pegawai Honorarium.
5.2.1        Ikatan kerja dilakukan sistem kontrak dalam 1 tahun,
tahun berikutnya dengan memperbaharui kontrak.
5.2.2        Apabila tidak melaksanakan tugas dengan baik, maka
kontrak tahun berikutnya dihentikan, dengan menggu-
nakan peraturan yang ada 9antara lain: Penghentian
kontrak kerja tanpa persyaratan apapun)

6. Pengendalian Personalia.
Untuk menertifkan personalia perlu mengadakan:
6.1      Daftar hadir guru (harian), dengan menulis jam kehadir-
an dan jam pulang serta tanda tangan.
6.2      Menyusun tata tertib guru yang antara lain:
6.2.1        Setiap guru/pegawai tidak hadir harus ada ijin tertulis / lisan kepada sekolah.
6.2.2        Ijin ditingkat sekolah hanya 1 hari
Jika sakit harus ada surat keterangan Dokter.
Ijin yang lebih dari 1 hari, harus mengajukan ke Cadin atau Dinas Tingkat II.
Keterangan:
Tanda absen guru:
Sakit diberi tanda warna kuning.
Dinas luar diberi tanda warna hijau.
Tanpa keterangan diberi tanda warna merah.

INVENTARIS
Untuk menertibkan barang-barang milik sekolah, perlu ditertibkan administrasinya secara terus-menerus.

1. Buku Pemeriksaan barang.
1.1      Pemeriksaan barang dilakukan oleh Kepala Sekolah
sekali setiap semester/pejabat yang terkait.
1.2      Setiap kali pemeriksaan barang, dilampiri blanko hasil
pemeriksaan.
1.3      Barang-barang yang rusak, hilang, dijual, harus dibuat-
kan berita acara dan dilaporkan pada Dinas.
2. Kartu Inventaris Ruangan.
2.1        Setiap ruangan diberi kartu inventaris ruangan: yaitu
untuk mencatat semua barang yang berada di ruangan
tersebut.
2.2        Penggantian kartu inventaris ruangan dilakukan setiap
tahun atau apabila terjadi perubahan barang pada ruangan tersebut.
3.      Kartu Inventaris Tanah.
4.      Buku Inventaris Perlengkapan barang.
4.1        Setiap memperoleh barang dicatat pada buku inventaris
perlengkapan barang.
4.2        Barang yang telah dicatat diberi kode lokasi barang
sesuai dengan peraturan yang berlaku.

5.      Daftar Usul Pengadaan.

Setiap saat







Tiap saat
Tiap saat
Tiap saat




Mei 2018



Setiap hari




























Setiap hari
















Juli & Peb







Juli 2016






Juli 2016

Juli 2016

BOS







BOS
BOS
BOS




BOS


































BOS

















BOS







BOS






BOS

BOS

No
Nama Barang
Jumlah
Keterangan/Alasan








NO


URAIAN

WAKTU

DANA







6





































































































7
6.       Inventaris Buku.
6.1          Buku-buku perpustakaan umum: diatur dan disusun
berdasarkan aturan perpustakaan tersendiri.
6.2          Buku-buku pelajaran/khusus diatur dan disusun berda-
sarkan aturan perpustakaan tersendiri.

KEUANGAN.
1. Macam-macam Administrasi Keuangan.
1.1      Buku kas umum: untuk membukukan seluruh uang yang
berasal dari pemerintah.
1.2      Buku kas pembantu: untuk membukukan bagian-bagian
uang sesuai asal perolehan.
1.3      Laporan keuangan sekolah.
1.4      Laporan seluruh keuangan setiap tahun.

2.  Jenis dan Pengelola Keuangan.
No
Jenis Keuangan
Petugas
1
Gaji
Yulianita R.D.
2
BOS
Yayuk Isnaeni

3. Rencana Anggaran pendapatan Sekolah.
3.1      Keuangan gaji.
3.1.1        Dalam satu tahun diperkirakan
3.1.2        Berasal dari pemerintah
3.1.3        Membayar gaji Kepala sekolah Guru dan penjaga.

3.2      Keuangan SBMP
3.2.1        Dalam satu tahun diperkirakan
3.2.2        Berasal dari pemerintah
3.2.3        Penggunaan:
Operasional: membeli alat-alat pelajaran dan buku
administrasi.
Perawatan: mengecat dinding, memperbaiki bangku, pintu, selot pintu/almari.

3.3      Keuangan SBPP.
3.3.1        Dalam satu tahun diperkirakan
3.3.2        Berasal dari pemerintah
3.3.3        Penggunaan: Pelaksanaan pelajaran, tata usaha, kesejahteraan pegawai, pembinaan, pendalaman, pelayanan.



3.4      Keuangan Bea siswa
3.4 1   Dalam satu tahun diperkirakan
3.4.2        Berasal dari orang tua siswa
3.4.3        Penggunaan: diberikan kepada siswa yang berhak, untuk kepentingan sekolah.

3.5            Keuangan Operasional Sekolah.
3.5.1        Dalam satu tahun diperkirakan
3.5.2        Berasal dari orang tua siswa
3.5.3        Penggunaan: -membayar tenaga honorer (sukwan)
                                 -membayar guru ekstra kurkuler
                                 -administrasi sekolah
                                 -proses belajar mengajar
                                 -membeli alat pelajaran
                                 -kegiatan KKG/KKKS
                                 -pemeliharaan gedung dan lingkungan
                                   sekolah.

3.6    Keuangan POPSI/Pramuka
3.6.1        Dalam satu tahun diperkirakan
3.6.2        Berasal dari orang tua siswa
            Penggunaan: Membeli peralatan olah raga/pramuka
                                  Membiayai kegiatan olahraga/pramuka.
                                  Biaya perkemahan/pesta siaga

3.7    Keuangan UAS.
3.7.1        Diperkirakan
3.7.2        Berasal dari orang tua siswa kelas VI
3.7.3        Penggunaan: - Biaya ujian praktek
                                 - Biaya ujian tulis
                                 - Administrasi
                                 - Pasca UAS
3.8    Keuangan partisipasi kelas I baru.
3.8.1        Diperkirakan
3.8.2        Berasal dari orang tua siswa kelas I baru.
3.8.3        Dikelola Komite Sekolah untuk perbaikan pagar sekolah.


3.9    Keuangan Dana sehat.
3.9.1        Satu tahun diperkirakan
3.9.2        Berasal dari orang tua siswa.
3.9.3        Penggunaan: - Membeli obat-obatan ringan
                                 - Membantu pengobatan anak kurang
                                   mampu.
                                 - Transpot anak-anak ke Puskesmas.

3.10  Biaya lomba.
3.10.1    Lomba mapel dan olahraga.
3.10.2    Lomba siswa berprestasi.
3.10.3    Lomba MIPA.
3.10.4    Lomba hari anak nasional.
3.10.5    Lomba guru berprestasi.

3.11. Kepramukaan.
3.11.1    Biaya latihan.
3.11.2    Biaya LT.1
3.11.3    Biaya LT. 2
3.11.4    Biaya pesta siaga.
3.11.5    Biaya cerdas cermat galang.
3.11.6    Biaya hari jadi Pramuka.

3.12          Biaya Porseni Tingkat Kecamatan
HUBUNGAN MASYARAKAT (HUMAS)

1. Hubungan Sekolah dengan Komite sekolah, Perangkat
    Desa, RT, RW.
1.1        Mengadakan rapat lengkap antara Kepala Sekolah dan
Pengurus Komite Sekolah.
1.2        Menerima kehadirannya sewaktu-waktu.
1.3        Dibiasakan mengadakan kunjungan ke rumah Pengurus
Komite Sekolah.

2.  Hubungan Sekolah dengan orang tua siswa.
2.1      Dilaksanakan 2 kali dalam 1 tahun yaitu saat penerimaan
raport semester I dan II dan perpisahan siswa kelas VI.
2.2      Melaksanakan sewaktu-waktu apabila ada masalah khusus.

3.   Hubungan sekolah dengan masyarakat sekitar.
3.1      Guru aktif mengikuti kegiatan yang diadakan oleh masya-
rakat.
3.2      Selalu mengundang masyarakat sekitar apabila sekolah ada
Kegiatan.
Mempersilahkan kegiatan masyarakat diadakan di sekolah,
dengan catatan saling menjaga ketertiban, kebersihan, dengan prosedur yang benar.

Sep.2016






Tiap bulan





Tiap bulan




Tiap bulan



Tiap ada









Tidak ada





Tidak ada





Tiap hari


















Mei 2016







Tidak ada





Juli, Agust. ‘16
Tiap bulan




Agt.2016
Agt. 2016
Agt.2016
Mei 2016
Mei 2016


Sesuai jadwal





Mei 2016













Satu tahun sekali





Desember, Juni





Tiap saat

Tiap saat





BOS






BOS






BOS
































BOS


















BOS













BOS







BOS






BOS






BOS








BOS





BOS








BAB V

        PENUTUP

Program kerja ini dibuat sebagai petunjuk bagi setiap guru dan karyawan yang akan melaksanakan suatu aktivitas, agar aktivitas itu tidak menyimpang dari program yang telah ditentukan bersama. Dari program kerja ini tercennin suatu pola dan gambaran aktivitas yang akan dicapai.
Program kerja ini akan menjadi arah dan pedoman dalam proses pendidikan di SDN Parangargo I. Beberapa informasi yang dapat diketahui dalam program kerja ini adalah: kondisi obyektif sekolah, program kerja sekolah, rencana kegiatan sekolah serta permasalahan-pennasalahan yang ada di sekolah karm dan beberapa alternatif pemecahannya. Dalam program kerja ini dapat diketahui juga data prestasi sekolah kami untuk waktu satu tahun yang baru lalu.
Program kerja ini akan dapat dilaksanakan dengan baik dengan adanya kepedulian dari seinua pihak yang bekerja di SDN Parangargo I. Kepedulian dan keterlibatan ini menjadi semangat dan dukungan dalam melaksanakan program kerja ini. Kepedulian dan keterlibatan masyarakat sekitar merupakan dukungan yang sangat besar untuk terlaksananya program ini dengan baik.
Kami menyadari bahwa program kerja ini masih jauh dari sempurna, maka kami selalu terbuka untuk menerima masukan yang dapat membuat program ini semakin baik dan relevan dengan situasi obyekiif yang ada di sekolah kami. Maka apabila dikemudian hari terjadi perubahan karena situasi dan kondisi tertentu, maka pelaksanaan program ini juga akan mengalami perubahan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Struktur Pengurus Komite SDN 1 Parangargo

STRUKTUR KEPENGURUSAN KOMITE TAHUN PELAJARAN 2017-2018 Struktur Kepengurusan Komite SD Negeri 1 Parangargo Kecamatan Wagir Kabupaten Ma...